Wednesday, October 21, 2009

Kartu Sains Sebagai Media Pembelajaran Materi Penggolongan Hewan Untuk Siswa SD Kelas 3

Siswa SD termasuk masih dalam tahap perkembangan anak-anak yang suka bermain. “Tiada hari tanpa bermain” mungkin itu semboyan setiap anak SD. Ada berbagai macam permainan yang sering dilakukan mulai dari permainan tradisional seperti: congklak, bentengan, kartu dan gobak sodor sampai pada permainan modern yang menggunakan komputer seperti play station (PS), game online, dan game yang dikemas dalam program komputer.

Akhir-akhir ini, banyak siswa yang cenderung suka bermain kartu bergambar tokoh film idola mereka seperti kartu bergambar tokoh Naruto, Sponge Bob, Kenshin, One Piece, dan lainnya. Permainan kartu yang mereka lakukan sering kali menyita waktu belajar mereka di kelas. Guru, sebagai fasilitator siswa dalam belajar perlu menyikapi hal ini dengan arif dan bijaksana. Perlu adanya sebuah media belajar yang menarik siswa tanpa mengurangi rasa bermain siswa, Learning By Game.

Berikut ini contoh kartu yang sering digunakan untuk bermain anak-anak :

Kartu tersebut dapat kita modifikasi dengan mengganti gambar tokoh kartu dengan berbagai macam hewan sesuai dengan tema penggolongan hewan yang akan dipelajari. Di bawah ini contoh kartu sains hasil modifikasi.

Comments :

0 comments to “ ”

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 by Media Sains
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine